Penggunaan Media Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran Maharah Kitabah di Kelas X MA Al-Raisiyah Sekarbela
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v4i2.110Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Google Form, Maharah KitabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran maharah kitabah dengan menggunakan media Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran maharah kitabah di Madrasah Aliyah Al-Raisyah Sekarbela, Kota Mataram. Peneliti menggunakan media Google Form sebagai alat evaluasi. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi dokumentasi lapangan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dan peneliti menggunakan Google Form sebagai alat atau media evaluasi dalam pembelajaran maharah kitabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berbentuk kuis Google Form. Adapun terkait hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab terkhusus untuk maharah kitabah memberikan dampak positif baik itu dari segi efektivitas, efisiensi, dan tampilan yang disajikan google form. Namun, terdapat beberapa kelemahan seperti potensi peningkatan kecurangan dan penggunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Meskipun demikian, kelemahan ini seperti meningkatnya kecurangan dan kesan bermain-main oleh peserta didik tidak mengurangi mamfaat google form. Oleh karena itu, untuk penilaian harian dan semester yang akan datang guru dari semua mata pelajaran dapat terus menggunakan media Google Form, karena media ini banyak memberikan kemudahan baik dari segi efisiensi waktu, biaya dalam pemrolehan data serta memberikan kemudahan bagi guru untuk membuat dan menyimpan soal online, dan memperoleh data hasil nilai siswa secara praktis dan cepat.
Downloads
References
Amalia, Thoyyibatul. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah.” Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, 2019, 318–23.
Edawarni, Cici. “Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa.” JOEAI: Jurnal of Education and Instruction 5, no. 1 (2022): 93–97.
Fajar Awaluddin. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Edited by Muslihin Sultan. 1st ed.
Makassar: Arti Bumi Intaran, 2023.
Harahap, Putri Maydani. “Peran Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kompetinsi Maharah Kitabah Bahasa Arab : Studi Di Sekolah Dasar” 1, no. 1 (2023): 220.
Idrus L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 920–35.
Munawarah, Zulkiflih. “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Kitabah) Dalam
Bahasa Arab.” Loghat Arabi:Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 22–34.
Muslimin dan Mastia. “Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bima.” AL-AF’IDAH: JUrnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 5, no. 2 (2021): 17–29.
Nashrullah, Muhammad. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran
Bahasa Arab (Pilihan Ganda).” NASHKI:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab 3, no. 1 (2021): 30–40.
Nurhasanah, Neni. “Evaluasi Pembelajaran Dikelas.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan
Bahasa 1, no. 2 (2023): 257–70.
Rathomi, Ahmad. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” TARBYAH ISLAMICA: Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 1–8.
Ratnawulan, Elis, and Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran (Pengantar Prof Dr. H. Sutaryat Trisnamansyah). bandung: Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Susanti, Heni. “Inovasi Efektifitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Di SMKN 4 Pekanbaru” 8 (2024): 3239–45.
Utami, Lina Wahyu Setya. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19.” TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 3 (2021): 150–56.
Wijayanti, Ida, Hikmah, and Asmal May. “Analisis Instrumen Maharah Kitabah Di Buku Bahasa Arab VII Kemenag” 1, no. 1 (2024): 32.
Zunaidah, Anis. Sufiyani Nur Mawaddah. “Evaluasi Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Maharah Kitabah) Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Nahdlatul Lughah: Jurnal of Applied Arabic Linguistic 1, no. 1 (2023): 36–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wulan Aulia Putri, Suparmanto, Mauli Maia Alsayyida, Ahza Inayatul Laily, Suhandi Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.