Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Ahmad Rifa’i Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.1

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Komunikatif

Abstract

Bahasa dan masyarakat adalah dua hal yang saling berkaitan, keduanya memiliki hubungan mutualistik, antara yang satu dengan yang lain saling ada ketergantungan, membutuhkan, dan menguntungkan, masyarakat. Di kalangan praktisi pendidikan (guru dan dosen) yang setiap hari bergelut dengan kegiatan pembelajaran, dan senantiasa dituntut untuk adaptif dan responsif dengan perkembangan yang sangat cepat dalam bidang pembelajaran sangat merasakan bahwa tahapan yang paling berat dari kehadiran pendekatan yang baru adalah pada tahap penerapan atau implementasinya dalam pembelajaran. Pendekatan komunikatif mempunyai pandangan tentang belajar Bahasa Arab siswa atau orang yang mengikuti program belajar Bahasa Arab tidak lagi sekedar belajar kaidah-kaidah nahwu atau gramatika, menguasai mufradat atau kosakata dan ucapan yang sesuai dengan penutur asli, melainkan lebih jauh daripada itu, ia harus berusaha memperoleh kemampuan menggunakan Bahasa Arab yang dipelajarinya sebagai sarana komunikasi. Apa yang diharapkan dari seorang peserta program pengajaran Bahasa Arab bukan hanya keterampilan dan penguasaan struktur dan kosa kata melainkan juga kompetensi komunikatif, Pendekatan komunikatif mempunyai pandangan yang bersifat fungsionalistik tentang Bahasa Arab. Faham fungsionalistik melihat Bahasa Arab bukan sekedar kode seperti halnya dengan pandangan formalistic, melainkan lebih jauh dari itu. Pendekatan tersebut mencoba melihat untuk apa Bahasa Arab itu dan bagaimana digunakan dalam komunikasi. Pandangan fungsionalistik tentang Bahasa Arab dapat diperjelas dengan memperhatikan perbedaannya dengan pandangan formalistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-22

How to Cite

Rifa’i, A. . (2021). Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 60–74. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.1