Evaluasi Pelaksanaan P5 Melalui Model CIPP di SMAI As-Syafiah Mojosari Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v4i2.119Keywords:
Evaluation, P5, CIPP Evaluation ModelAbstract
Abstrak: Evaluasi dibutuhkan dalam sebuah program sehingga dapat diketahui apakah proses pelaksanaan program P5 dalam sekolah telah mencapai tujuannya. Keberhasilan suatu program tidak hanya didasarkan pada asesmen hasil belajar peserta didik, tetapi juga terkait dengan desain program, penerapan dan hasil dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi dari implementasi program P5 di SMAI As-Syafiah Mojosari Nganjuk dengan model evaluasi program CIPP yang meliputi evaluasi context, input, process, dan product. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dekriptif dengan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program P5 di SMAI As-Syafiah Mojosari Nganjuk dilaksanakan pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan telah terlaksana dengan baik. Hal ini didasarkan pada empat aspek evaluasi CIPP yaitu (1) evaluasi context meliputi latar belakang dan tujuan, dukungan lembaga, kondisi lingkungan; (2) evaluasi input meliputi rencana mencapai tujuan, sarana prasarana, prosedur kerja; (3) evaluasi process meliputi pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan P5, hambatan, dan (4) evaluasi product meliputi hasil dari P5, tindak lanjut, dan manfaat. Hasil analisis menyebutkan bahwa perlu adanya peningkatan-peningkatan terutama dari segi administratif pelaksanaan program P5.
Downloads
References
Anifatus Sholikhah dan Sri Suneki. “Peran Program Sekolah Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus SMA N 2 Ungaran).” Jurnal Spirit Edukasia 3 (Desember 2023).
Dini Irawati, Aji Muhammad Iqbal, Aan hasanah, dan Bambang Samsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (2022).
Eko Murdiyanto. Metode Penelitian Kualitatif. 1 ed. Yogyakarta: Veteran Yogyakarta Press, 2020.
Luthfiyatul Khasanah, Kusnul Khotimah, Agus Suprijono, dan Ali Imron. “Studi Deskriptif Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan pada Kelas VII.” Dialektika Pendidikan IPS 3 (2023).
Misykat Malik Ibrahim. Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University Press, 2018.
Muhammad Diwanul Mujahidin, Sarmini, Nuansa Bayu Segara, dan Katon Galih Setyawan. “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ‘Gaya Hidup Berkelanjutan’ dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman.” Dialektika Pendidikan IPS 3 (2023).
Muhammad Toriqul Arif. “Penelitian Evaluasi Pendidikan.” Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (Agustus 2019).
Nurfida. “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menurut Teori Aktivitas Engestrom (Studi Kasus di SMP Negeri 131 Jakarta dan SMA Negeri 1 Parung).” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2023.
Paramitha Aisyah Salsabila Putri. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Membentuk Karakter Budaya pada Siswa Kelas 4 MINU Tratee Putera Gresik.” Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2023.
Rizky Satria, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, dan Tracey Yani Hartanaya. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia, 2022.
Rizky Yunazar, Alyssa Putri Aranssy, Della Putri Utami, Marcel Muhammad Irsandhi, dan Widya Al Karimah. “Analisis Tematik Hambatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah.” Edutect: Jurnal edukasi Pendidikan 22 (2023).
Ryzca Siti Qomariyah, Putri Shofiya Nur hasanah, dan Tria fatma Putri. “Meningkatkan Karakter Pelajar pancasila pada Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi.” Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 1 (Desember 2022).
Susanti Sufyadi, Tracey Hadi Harjatanaya, Pia Adiprima, dan M. Rizky Satria. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, 2021.
Susanti Sufyadi, Tracey Hadi Harjatanaya, Pia Adiprima, M. Rizky Satria, Ardanti Ardiarti, dan Indiarti Herutami. Panduan Pengembangan Projek Penguatan profil Pelajar pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kemendikbud Ristek, 2021.
Varicha Nur Maulidia. “Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Batu.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2023.
Zuchri Abdussamad. Metode Penelitian Kualitatif. 1 ed. Makassar: Syakir Media Press, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umi Naafi’atus Sholihah , Noer Hidayah, Husnul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.