Implementasi Program Intensif Bahasa Arab Untuk Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Blitar

Authors

  • Annisa Zahro Putri Sulthoni Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Muhammad Rosihan Anwar Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.125

Keywords:

Program intensif , pembelajaran bahasa Arab, santri baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran intensif bahasa arab untuk santri baru di Pesantren Al-Mawaddah Blitar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adanya perencanaan pembelajaran meliputi penentuan tujuan, bahan materi, media pembelajaran, dan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran ada tiga kategori diantaranya; kegiatan harian yaitu islahul lughoh, ilqoul mufrodat dan pembimbingan kamar; kegiatan mingguan yaitu ada  materi bahasa per angkatan, diniyah, dan muhadloroh; kegiatan bulanan ada imtihan syahriyyah. Evaluasi program intensif bahasa arab adalah santri baru dapat memperoleh banyak kosakata yang dapat diterapkan pada kegiatan berbahasa sehari-hari. Santri baru mendapat biah lughawiyah yang menerapkan kedisplinan sehingga terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,  dapat disimpulkan bahwa implementasi program intensif bahasa arab di Pesantren Al-Mawaddah Blitar efektif untuk diterapkan untuk santri baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. Metodik Khusus Pendidikan Agama (Mkpa)/ Abu Ahmadi. Cv.Armico, 1986.

Akbar, Reza Rizki Ali. “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran.” Undergraduate, Uin Raden Intan Lampung, 2018. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/3618/.

Anggraeni, Syahyuni Anggun, And Siti Nurazizah. “Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran.” Karimah Tauhid 3, No. 5 (May 6, 2024): 5548–62. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i5.13204.

Anwar, Muhammad Rosihan Anwar, And Nuril Mufidah. “Minat Belajar Siswa Dan Media Arabic Domino Card Untuk Materi Qawaid.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, No. 1 (June 28, 2024): 47–60. Https://Doi.Org/10.51339/Muhad.V6i1.2366.

Baharuddin, Ismail. “Pesantren Dan Bahasa Arab.” Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab 1, No. 01 (September 28, 2015). Https://Doi.Org/10.24952/Thariqahilmiah.V1i01.253.

Charis Asyifa’, Ahmad. “Komparasi Keaktifan Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Jigsaw Dan Cardshort Pada Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020.” Undergraduate, Iain Kediri, 2020. Https://Etheses.Iainkediri.Ac.Id/1437/.

Fitriani, Nur. “Implementasi Metode Mustaqilli Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Jakarta.” Mozaic : Islam Nusantara 8, No. 2 (October 31, 2022): 130–55. Https://Doi.Org/10.47776/Mozaic.V8i2.596.

L, Idrus. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, No. 2 (August 1, 2019): 920–35. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V9i2.427.

Mustofa, Syaiful. Bahasa Arab Dan World Class University. Edited By Syaiful Mustofa And Suci Ramadhanti Febriani. Malang: Uin Maliki Press, 2021. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/8850/.

Qonitah, Niswah, Anis Humaidi, And Munifah Munifah. “Kaderisasi Ulama Melalui Sistem Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Program Keagamaan (Mapk) Man 4 Jombang.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 20, No. 2 (October 14, 2022): 201–15. Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V20i2.1151.

Setiadi, Fadlan Masykura, And Zulpina Zulpina. “Pelatihan Penguatan Maharah Kalam Bagi Santri Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Mandailing Natal.” Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal Of Community Services And School Education) 2, No. 3 (December 12, 2022): 319–26. Https://Doi.Org/10.46306/Jub.V2i3.98.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 1 (May 16, 2017): 61–82. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i1.2097.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Sulthoni, A. Z. P. ., & Anwar, M. R. . (2025). Implementasi Program Intensif Bahasa Arab Untuk Santri Baru di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Blitar. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 116–127. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.125