Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Materi Metode Penelitian: Studi Program Pembelajaran Madrasah Riset di MAN Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.128Keywords:
Evaluasi program, pembelajaran riset, materi metode penelitianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran materi metode penelitian pada program pembelajaran riset di MAN Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi CIPP dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan bahwa secara context, silabus telah sesuai dengan tujuan program, namun terdapat guru yang tidak kompeten. Dari sisi input, keterbatasan sumber belajar dan ketidaksiapan beberapa guru menjadi hambatan utama. Dari sisi process, yaitu pembelajaran dengan project-based learning berjalan efektif jika diajarkan oleh guru yang kompeten, namun kurang optimal jika guru tidak memahami materi. Kemudian dari product menunjukkan kesenjangan pemahaman siswa; siswa dengan minat tinggi mampu menyusun rancangan penelitian, sedangkan siswa dari kelas dengan minat rendah kesulitan memahami materi. Rekomendasi mencakup pelatihan guru, pengadaan bahan ajar, pendampingan siswa, dan pemetaan kemampuan literasi sains.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi, 2012. Bumi Aksara.
Ashif Az Zafi, Mahmudatul Maula, Anis Tsuroyya, Laura Ameylia Novita Sari, Ahmad Jauhari. “Manajemen Pembentukan Budaya Riset ( Research Culture ) Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus.” PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2024): 232–45.
Bulan, Sri, Hendi Sugianto, Evi Fatimatur Rusydiyah, and Andre Agustina. “Research- Based Learning ’ s Contribution Toward Achievement Motivation in Indonesia ’ s Superior Madrasahs” 15, no. 2 (2024): 343–66.
Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI. Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah (2019).
———. Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6757 tahun 2020 tentang penetapan madrasah penyelenggara riset (2020).
Fausan, Muhammad Mifta, Herawati Susilo, Abdul Gofur, Sueb, and Farrah Dina Yusop. “The Scientific Literacy Performance of Gifted Young Scientist Candidates in The Digital Age.” Cakrawala Pendidikan 40, no. 2 (2021): 467–79.
Haryanto, and Isrohmawati. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Riset Di Madrasah (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Kudus Indonesia).” Mauizhah: Jurnal Kajian Islam 13, no. 1 (2023): 62–77.
Jaya, Sinarman, and Syukri Hamzah. “The Using Context, Input, Process, and Product Evaluation Model for Evaluating Online College EFL Learning.” International Journal of Educational Research & Social Sciences 3, no. 6 (2022): 2460–70. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i6.559.
Miles, Mathew B., and A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Jakarta: UI-Press, 1992.
Nasrudin, Nasrudin. “Digital Culture Dan Smart Madrasah Dalam Implementasi Program Pembelajaran Sebagai Madrasah Aliyah Riset Dan Teknologi.” Indonesian Journal of Action Research 2, no. 1 (2023): 17–25. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-03.
Sa’diyah, Aminatus, Rahmawati Maulidia, and Ahmad Dafir Firdaus. “Hubungan Antara Pembelajaran Daring Dengan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Khusus Angkatan 2020 Pada Mata Kuliah Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Di Stikes Maharani Malang.” Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing) 8, no. 2 (2022): 479–85. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i2.1045.
Saputra, Mochammad Ronaldy Aji, Fitria Idham Chalid, and Heri Budianto. Metode Ilmiah Dan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2023.
Sholihah, Umi Naafi’atus, Noer Hidayah, and Husnul Khotimah. “Evaluasi Pelaksanaan P5 Melalui Model CIPP Di SMAI As-Syafiah Mojosari Nganjuk.” Jurnal REVORMA 4, no. 2 (2024): 86–97.
Stufflebeam, Daniel L, and Guili Zhang. The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. The Guilford Press, 2017.
Sutarno, and Noer Zainudin Al Jumadi. “Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi Dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (2022): 106–25. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9409.
Umam, Khalif Ashhabul, and Iip Saripah. “Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education 2, no. July (2018): 19. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086.
Widodo, A Tri. “Peningkatan Kualitas Perkuliahan Metode Penelitian Pendidikan Dan Program Bimbingan Dini Program Studi Pendidikan Kimia.” Jurnal Penelitian Pendidikan 27 (2010).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mochammad Ronaldy Aji Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.