Pendekatan Maudhu’i sebagai Metodologi dalam Penelitian Kualitatif pada Kajian Pendidikan Akhlak

Authors

  • Ahmad Miftahun Ni'am Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.131

Keywords:

Maudhu’i, Kualitatif, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Pendekatan Maudhu’i sebagai metodologi dalam penelitian kualitatif pada kajian pendidikan, dengan fokus pada konsep pendidikan dalam Al-Qur'an. Pendekatan Maudhu’i menawarkan cara sistematis untuk menelusuri tema tertentu dalam Al-Qur'an dengan menghimpun ayat-ayat yang relevan dan menganalisisnya secara mendalam untuk menghasilkan pemahaman yang komprehensif. Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi makna mendalam dari ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan pendidikan, termasuk hubungan antara guru dan murid serta pembentukan karakter. Melalui analisis yang menggabungkan tafsir Maudhu’i dan penelitian kualitatif, ditemukan bahwa pendekatan ini sangat efektif untuk menjawab tantangan kontemporer dalam pendidikan. Fokusnya pada tema tertentu memungkinkan penggalian nilai-nilai pedagogis yang dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan modern. Dengan menghubungkan ayat-ayat bertema serupa, pendekatan ini memberikan panduan praktis untuk mengintegrasikan nilai-nilai Qur’ani dalam pembelajaran. Sebagai saran, penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan integrasi pendekatan Maudhu’i dengan metode tafsir lainnya untuk memperkaya analisis terhadap tema-tema pendidikan yang kompleks. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat menggali aplikasi pendekatan Maudhu’i dalam isu-isu kontemporer yang lain, seperti sosial, ekonomi, atau politik, untuk melihat relevansinya dalam konteks zaman sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Baydawi. Tafsir Al-Bayan Volume 4. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1995.

Al-Farmawi, Abdul Hayy. Metode Tafsir Maudhu’i: Dan Cara Penerapannya - Terjemahan Dari Al-Bidayah Fi Al-Tafsir Al-Mawdhu’iy: Dirasah Manhajiah Mawdhu’iyah. Edited by Suryan A. Jamrah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.

Al-Naysaburi, Muslim bin al-Hajjaj al-Qushayri. Shahih Muslim. Beirut: Al-Maktabah al-Islamiyyah, 2011.

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf. Al-Qur’an Kemenag. Kementrian Agama Republik Indonesia, 2019.

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf. Al-Quran Dan Kenegaraan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2011.

———. Hubungan Antar Umat Beragama. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2008.

———. Moderasi Beragama. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2022.

———. Pembangunan Generasi Muda. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2011.

Al-Qurtubi, Muhammad bin Ahmad. Al-Jami’ Li-Ahkam Al-Qur’an Volume 18. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

Al-Zamakhsyari, Abi al-Qasim Jarallah Mahmud bin ’Umar bin Muhammad. Tafsir Al-Kasyaf. Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2006.

Al-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Fi Al-‘Aqidah Wa Al-Shari‘ah Wa Al-Manhaj Volume 8. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

Apriani, Laelati Dwina, and Irmayanti. “Diskursus Tafsir Maudhu’i Dalam Memahami Al-Qur’an.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 3, no. 4 (2023). https://doi.org/10.15575/jis.v3i4.31414.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

At-Thabari, Muhammad ibn Jarir. Jami’ Al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an Volume 2. Lebanon: Dar al-Taqwa, 2000.

Awadin, Adi Pratama, and Asep Taopik Hidayah. “Hakikat Dan Urgensi Metode Tafsir Maudhu’i.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 2, no. 4 (2022). https://doi.org/10.15575/jis.v2i4.21431.

Az-Zarkasyi, Badr al-Din Muhammad bin Abdullah bin Bahadur. Al-Burhan Fi Ulum Al-Qur’an. Kairo: Daar al-Hadith, 2008.

Az-Zuhaili, Wahbah Mustafa. Tafsir Al-Munir Fi Al-‘Aqidah Wa Al-Shari‘ah Wa Al-Manhaj Volume 15. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

Aziz, Abdul. Metode Tafsir Tematik Fazlur Rahman Dan Muhammad Baqir Al-Shadr. Bogor: Abdi Fama, 2023.

Banna, Mohammad Rif’at Al, and Moch. Ihsan Hilmi. “Tafsir Maudhu’i Dan Ramifikasi Permasalahannya.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.15575/jis.v2i2.18319.

Fatimah, Siti. “Metode Maudhu’i Dalam Menemukan Urgensitas Maknanya: Telaah Atas Sejarah Dan Tokoh.” Madinah Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (2023). https://doi.org/doi.org/10.58518/madinah.v10i2.2024.

Fatoni, Ahmad. Tafsir Tarbawi: Menyingkap Tabir Ayat-Ayat Pendidikan. Lombok: Forum Pemuda Aswaja, 2020.

Fikriawan, Suad, Abdul Kholiq, and Kaukabilla Alya Parangu. “Corruption in The Text and Context of The Qur’an: Maudhu’i’s Interpretation Approach.” Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Islam 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.168.

Hamdani, Sayuti, Ahmad Zain Sarnoto, and Samsuri Samsuri. “Analisis Terminologi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Al-Qur’an.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 20, no. 1 (2024). https://doi.org/10.47466/hikmah.v20i1.263.

Hamka, Buya. Tafsir Al Ahzab Volume 6. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002.

Hamzah, Muchotob, Fatkhurrohman Al-Munawar, and Ahsin Wijaya Al-Hafizh. Tafsir Maudhu’i Al-Muntaha. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2004.

Harun, Salman. Tafsir Tarbawi: Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Al-Quran. Tangerang: Lentera Hati, 2019.

Huriadi, Mohammad Dera, Lalu Turjiman Ahmad, and Nur Hamim. “Qur’anic Perspectives On Knowledge And Knowledge Seekers (Perspektif Al-Quran Tentang Ilmu Dan Penuntut Ilmu).” Civilization Research: Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.61630/crjis.v3i2.34.

Ibnu Katsir, Ismail. Tafsir Al-Qur’an Al-Azim Volume 8. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2000.

Izzan, Ahmad, and Saehudin. Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Alquran. Bandung: HUmaniora, 2015.

Izzan, Ahmad, and Dindin Saepudin. TAFSIR MAUDHU’I: Metoda Praktis Penafsiran Alquran. Bandung: Humaniora, 2002.

Khamim, Khamim. “The Urgency Of Improving Social Piety In The Perspective Of Tarbawi Hadith (Hermeneutic Analysis About Community Life).” Didaktika Religia: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.30762/didaktika.v6i1.1096.

Khasanah, Uswatun. “Islamic Education as a Foundation of Character: A Case Study of the Formation of Noble Morals in Students.” JIE: Journal of Islamic Education 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.52615/jie.v8i2.541.

Mahmudah, and Akbar Hidayatulloh. “Amar Ma’ruf Nahi Munkar Perspektif Imam Al-Ghozali Dalam Pembentukan Karakter Santri Pp. Darussalam Blokagung 2.” JKaka: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam 3, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30739/jkaka.v3i2.2439.

Moen, Ahmed A. “Development and Application of Health Promotion and Education in Islamic Communities Authors.” Journal of the Islamic Medical Association of North America 22, no. 2 (19990). https://doi.org/10.5915/22-2-13557.

Moleong, Lexy J., and Tjun Surjaman. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya, 1989.

Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi: Mengungkapkan Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2007.

Muslim, Musthofa. Mabahits Fi Al-Tafsir Al-Maudhu’i. Beirut: Dar al-Qolam, 1989.

Mustaqim, Abdul, and Syahiron Syamsudin. Studi Al-Qur’an Kontemporer: Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Rosidin. Metode Tafsir Tarbawi Praktis. Malang: Genius Media, 2014.

Sabarudin, Mohammad, Ibnu Imam Al Ayyubi, Rifqi Rohmatulloh, and Siti Indriyani. “The Effect of Contextual Teaching and Learning Models on Al-Quran and Hadith Subjects.” At-Tadzkir: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2023). https://doi.org/doi.org/10.59373/attadzkir.v2i2.43.

Sanusi, Iwan, Andewi Suhartini, Haditsa Qur, Universitas Islam Bandung, U I N Sunan, and Gunung Djati. “Konsep Uswah Hasanah Dalam Pendidikan Islam.” Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (2024): 1–20. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i1.3523.

Shihab, M. Qurais. Membumikan Al Qur’an; Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2007.

Shihab, M. Quraish. Ensiklopedia Al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati, 2007.

———. Tafsir Al-Misbah Volume 3. Tangerang: Lentera Hati, 2017.

Syihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an : Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Ubaidillah, Moh. Amiril Mukminin, and Imroatul Azizah. “Pendidikan Akhlak Dalam Kehidupan Rasulullah Saw Perspektif Kitab Al-Syamail Al-Muhammadiyah.” GAHWA: Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.61815/gahwa.v1i1.232.

Wahidah, Evita Yuliatul, and Aceng Musyaffa Mukhtar. “Etika Pendidik Dalam Surat Al-A’raf Ayat 199 Kajian Ilmu Pendidikan Islam.” MASAGI (Jurnal Pendidikan Agama Islam) 2, no. 2 (2024). https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.556.

Wahidi, Ridhoul. Tafsir Ayat-Ayat Tarbawi: Tafsir Dan Kontekstualisasi Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2016.

Wahidi, Rosid, and Syahidin Syahidin. “Uswah Hasanah Learning Model and Its Implementation in Learning Islamic Religious Education.” Studies, Civilization Research: Journal Of Islamic 3, no. 1 (2024). https://doi.org/10.61630/crjis.v3i1.41.

Yamani, Moh Tulus. “Memahami Al-Qur’an Dengan Metode Tafsir Maudhu’i.” JPAI: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2015): 273–92.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT Mahmud Yunus wa Dzurriyyah, 2017.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Ni’am, A. M. (2025). Pendekatan Maudhu’i sebagai Metodologi dalam Penelitian Kualitatif pada Kajian Pendidikan Akhlak. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.131