Adab Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Keilmuan: Tinjauan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim

Authors

  • Rahma Alisa Septiana Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Imam Sopingi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Athi’ Hidayati Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.134

Keywords:

Adab Keilmuan, Artificial Intelligence (AI), Etika dan Akhlak Akademik, Nilai-Nilai Tasawuf, Tantangan Era Digital

Abstract

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia akademik, mempermudah akses informasi dan mendukung proses belajar serta penelitian. Namun, pemanfaatan AI juga menghadirkan tantangan etika, seperti risiko plagiarisme, bias algoritmik, dan hilangnya nilai-nilai keilmuan yang berbasis akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep adab keilmuan dalam Adabul 'Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy'ari sebagai panduan etis dalam pemanfaatan AI, menelaah relevansi etika dan akhlak dalam teknologi AI, serta mengintegrasikan nilai-nilai tasawuf dalam pengembangan AI guna menghadapi tantangan era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis sumber primer dari kitab Adabul 'Alim wa al-Muta’allim, hadis, dan Al-Qur’an, serta sumber sekunder dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait AI dan etika akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip adab keilmuan, seperti niat yang ikhlas, etika komunikasi, tanggung jawab moral, serta keseimbangan antara ilmu dan akhlak, sangat relevan dalam penggunaan AI secara etis dan bertanggung jawab. Kesimpulannya, penerapan nilai-nilai adab keilmuan dapat menjadi solusi dalam menghadapi tantangan etika AI, dengan memastikan bahwa teknologi ini dimanfaatkan sesuai prinsip kejujuran dan kemaslahatan umat. Implikasinya, AI harus dikembangkan dan digunakan dengan mempertimbangkan aspek moral serta nilai-nilai spiritual Islam agar tetap mendukung integritas akademik dan keberkahan ilmu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Juriko, Imam Sopingi, Budi Setiawan, and Nurhikmah Sibua. Research Methods: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode), 2024.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad. Ihya’ Ulum Al-Din. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2004.

Al-Hajjaj, Abi al-Husain bin. Shahih Muslim. Riyad: Dar Thayyibah li al-Nasr wa al-Tawzi’, n.d.

Al-Kfairy, Mousa, Dheya Mustafa, Nir Kshetri, Mazen Insiew, and Omar Alfandi. “Ethical Challenges and Solutions of Generative AI: An Interdisciplinary Perspective.” Informatics 11, no. 3 (2024): 58. https://doi.org/10.3390/informatics11030058.

Alrosid, Harun. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dan Pemikiran KH. Hasyim Asy‘ari Dalam Kitab Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’Alim.” Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2023): 1–15. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i1.2259.

Astuti, Amrulloh Fuji, Zulfikar Ismail, and Tita Hasanah. “Konsep Akhlak Menurut KH Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim.” At-Tadris: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2022): 45–57. https://doi.org/10.56672/attadris.v1i1.19.

Asy’ari, KH. M. Hasyim. Mahakarya Hadlaratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari (Terjemah Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim; Risalah Fi Ahkam Al-Masajid; Risalah Ahlissunnah Wal Jama’ah; Nurul Mubin; Dhau’ Al-Misbah; At-Tibyan & Al-Mawa’iz). Jombang: Pustaka Tebuireng, 2021.

Az-zarnuji. “Kitab Talim Mutaallim Terjemah,” 2009.

Barid, Muh, Nizarudin Wajdi, Siti Marpuah, Yuli Marlina, Universiti Tun, Hussein Onn, and Universitas Islam Jakarta. “Integrating Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari’s Moral Values in Contemporary Education: Addressing the Challenges of the Digital Age” 36 (2025): 69–84.

Diktiristek, Ditjen. “Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) Pada Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan …, 2024.

El-hady, E Haikcal Firdan. “Pandangan Islam Terhadap Etika Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Kehidupan Sehari-Hari” 21, no. 2 (2024): 84–98. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.xxxx.

Febrianti, Diana, Imam Sopingi, and Anita Musfiroh. “Peran Ulama Dalam Proses Kodifikasi Al-Qur’an Dan Hadist: Sebuah Pendekatan Library Research.” AT-TAHBIR: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 2 (2025): 83–104.

Harimawan, Dwi, and Imam Sopingi. “Dimensi Keilmuan Ushul Fiqh Dalam Intelerasi Wahyu Dan Logika: Kaidah Dan Penerapannya.” Jurnal Al-Wasith: Jurnal Studi Hukum Islam 9, no. 2 (2024): 70–79.

Harnilawati, Dita Rama Insiyanda, Imam Sopingi, Erlina Indriasari, Ofirenty Elyada Nubatonis, Femmy Sofie Schouten, Mega Suryandari, Patrisius Afrisno Udil, Veronica, and Magdalena Wangge. Metodologi Penelitian. Makasar: Cendekia Publisher, 2024.

Hidayati, Athi’, Peni Haryanti, Kusnul Ciptanila Yuni, and Ja’far Shiddiq. “Pemikiran Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari Dalam Nahdhatu Tujjar Sebagai Penguatan Ekonomi Islam (Sebuah Implementasi Di Lingkungan Pesantren Tebuireng).” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 8, no. 1 (December 26, 2023). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11645.

Husni, Karna, and Jumadi. “Studi Komparasi Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’Allim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dan Kitab Hilyah Thalib Al-’Ilmi Karya Syaikh Bakr Bin Abdullah Abu Zaid Tentang Etika Penuntut Ilmu.” Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2023): 67–82.

KH Hasyim Asy’ari, Muhammad. Adab Al-’Alim Wa Al-Muta’allim Dalam Mahakarya Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Jombang: Pustaka Tebuireng, 2020.

Maya, Rahendra. “Saluran Ilmu Menurut Ibnu Taimiyah Dan Relevansinya Dengan Pembaharuan Pemikiran Islam Di Era Post-Truth.” Jurnal Kajian Islam Modern 11, no. 2 (2024): 120–40.

Melani, Sania Rahma, Imam Sopingi, and Anita Musfiroh. “Nasikh Mansukh Menurut Jalaluddin Al Mahalli: Telaah Kitab Al Itqon Ulum Al Qur’an.” At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6, no. 1 (2024): 84–95.

Musthafa, Fera Andriani Djakfar. “Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran: Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan Di Kalangan Mahasiswa.” Journal of Contemporary Islamic Education 4, no. 1 (2024): 125–36. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4386.

Nuha, Achmad Arifulin. “Etika Dan Intellegence Tantangan Dakwah Dengan Artificial Ethics and Challenges of Preaching with Artificial Intelligence” 11, no. 1 (2025).

Oktalisa, Nurul Eka, Rahmani, and Muhd AR Imam Riauan. “Transformasi Digital Perspektif Islam : Masyarakat Ihsan Di Tengah-Tengah Pasar Artificial Intelligence.” In Prosiding Seminar Nasional AMIKOM Surakarta, 1385–98, 2024.

Paramansyah, Arman, and Muhammad Muhyidin. “Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari Terhadap Adab Seorang Ilmuwan Dan Relevansinya Di Era Digital.” Jurnal Dirosah Islamiyah 6, no. 1 (2023): 100–108. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.5334.

Rohmah, Siti Maulidyatul, Imam Sopingi, and Anita Musfiroh. “Pembelajaran Moral Dari Amsal Al-Qur’an : Sebuah Analisa Kritis.” AT-TAHBIR: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 2, no. 1 (2025): 47–62.

Salma, Adelia, Eka Septiasih, and Afifah Maimuna Mumtaza. “Adab Menuntut Ilmu : Kunci Keberkahan Dalam Proses Belajar.” Islamologi : Jurnal Ilmiah Keagamaan 1, no. 2 (2024): 1–17.

Seleky, Jacob S. “Kajian Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Melalui Pendekatan Analogi [A Study Of Character Values In School Mathematics Learning Through An Analogy Approach].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 5, no. 2 (2021): 189–214.

Sopingi, Imam. “Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’ ’Ulum Al-Din.” Iqtishoduna 10, no. 2 (2016): 142–48. https://doi.org/10.18860/iq.v10i2.3223.

Tahir, Gustia. “Sinergitas Ilmu Dan Adab Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Adabiyah 15, no. Ilmu dan adab adalah dua kata yang saling berkaitan (2015): 18–29.

Winingsih, Hesti, Imam Syafe’i, Ahmad Fauzan, and M. Kharis Fadilah. “Konsep Akhlak Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dan Implementasinya Pada Pembinaan Akhlak Santri.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2022): 114–29. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.153.

Wulandari, Haviza. “Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim Muta’Allim Dalam Menanamkan Akhlak Santri Era Milenial.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 2 (2024): 405–19.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Septiana, R. A., Sopingi, I., & Hidayati, A. . (2025). Adab Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Keilmuan: Tinjauan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.134