Tawasul dalam Pendidikan Islam Perspektif Hadrotus Syaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari: Telaah Kitab Nurul Mubin
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.136Keywords:
Tawasul, Pendidikan Islam, KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, Nurul Mubin, Karakter Peserta DidikAbstract
Tawasul dalam pendidikan Islam merupakan konsep yang memiliki peran penting dalam membangun hubungan spiritual antara peserta didik, pendidik, dan nilai-nilai keislaman. Hadrotus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari, sebagai ulama besar dan pendiri Nahdlatul Ulama, membahas konsep ini dalam kitab Nurul Mubin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis konsep tawasul dalam pendidikan Islam menurut KH. Muhammad Hasyim Asy'ari, (2) mengidentifikasi relevansi pemikirannya dalam konteks pendidikan modern, dan (3) menggali implikasi tawasul terhadap pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap kitab Nurul Mubin serta literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tawasul dalam pendidikan Islam, sebagaimana dijelaskan KH. Muhammad Hasyim Asy'ari, bukan hanya sebagai bentuk pendekatan spiritual kepada Allah, tetapi juga sebagai sarana membangun hubungan harmonis antara guru dan murid. Dalam konteks pendidikan modern, konsep ini masih relevan dalam membentuk sikap tawadhu, etika, serta memperkuat dimensi spiritual peserta didik. Implikasi tawasul dalam pendidikan juga terlihat dalam pembentukan karakter yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Kesimpulannya, tawasul dapat menjadi strategi pendidikan berbasis spiritualitas yang mampu membentuk kepribadian peserta didik secara holistik. Disarankan agar konsep ini dikaji lebih lanjut dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang berorientasi pada nilai-nilai spiritual dan moral.
Downloads
References
Abdussamad, Juriko, Imam Sopingi, Budi Setiawan, and Nurhikmah Sibua. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Medan: PT Media Penerbit Indonesia, 2024.
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad Ibn Muhammad. Ihya’ Ulum Al-Din. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2004.
Ali, Mohammad Haidar, Rohmad Prio Santoso, and Imam Sopingi. “Peningkatan Keterampilan Wirausaha Siswa Kelas XI SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng.” Jurnal Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 20–27. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6287.
An-Nawawi, Abu Zakariya Yahya Ibn Sharaf. Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab. Beirut: Dar al-Fikr, 2020.
Asy’ari, KH. M. Hasyim. Mahakarya Hadlaratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari (Terjemah Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim; Risalah Fi Ahkam Al-Masajid; Risalah Ahlissunnah Wal Jama’ah; Nurul Mubin; Dhau’ Al-Misbah; At-Tibyan & Al-Mawa’iz). Jombang: Pustaka Tebuireng, 2021.
Bahri, Rosidi, Ah. Zakki Fuad, and M. Yunus Abu Bakar. “Tipologi Dan Relevansinya Terhadap Paradigma Pendidikan Indonesia Emas 2045.” Jurnal Reflektika 19, no. 1 (2024): 109–39.
Dewi, Rokayah Sarmila, Oyoh Bariah, and M. Makbul. “Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari.” JIPP: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2024): 299–307. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.24.
Djufri, Andi Takdir, Muhaemin Latif, and Mustari Mustafa. “Telaah Hukum Atas Perkembangan Dan Pengaruh Pemikiran Dan Ajaran Sufisme Di Era Kontemporer.” Jurnal To Ciung: Jurnal Ilmu Hukum 5, no. 1 (2025): 10–19.
Efendi, Gunawan. “Konsep Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Dalam Kitab Adāb Al-’Ālim Wa Al-Muta’allim Karya Kh. Muhammad Hasyim Asy’ari.” Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia), 2021.
Fadli, Muhammad Rijal, and Ajat Sudrajat. “Keislaman Dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 18, no. 1 SE-Articles (June 16, 2020): 109–30. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3433.
Faisal, Munir, Afriantoni, and Mardiah Astuti. “Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 45–56. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8730.
Harnilawati, Dita Rama Insiyanda, Imam Sopingi, Erlina Indriasari, Ofirenty Elyada Nubatonis, Femmy Sofie Schouten, Mega Suryandari, Patrisius Afrisno Udil, Veronica, and Magdalena Wangge. Metodologi Penelitian. Makasar: Cendekia Publisher, 2024.
Helandri, Joni, and Supriadi Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 93–116.
Hidayati, Athi’, Peni Haryanti, and Kusnul Ciptanila Yuni K. “Implementasi Pemikiran Hadratus Syekh K.H. Hasyim Asy`ari Dalam Nahdlatu Tujjar Untuk Penguatan Ekonomi Islam Di Pondok Pesantren Tebuireng.” Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) 7 (November 8, 2023): 94–99. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/5026.
Hidayati, Athi’, Peni Haryanti, Kusnul Ciptanila Yuni, and Ja’far Shiddiq. “Pemikiran Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari Dalam Nahdhatu Tujjar Sebagai Penguatan Ekonomi Islam (Sebuah Implementasi Di Lingkungan Pesantren Tebuireng).” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 8, no. 1 (December 26, 2023). https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11645.
Hidayatulloh, Taufik. Penguatan Moderasi Islam. Jakarta: CV. Strata Persada Academia, 2024.
Ibnu Hajar al-Asqalani, Ahmad Ibn Ali. Fath Al-Bari Bi Sharh Sahih Al-Bukhari. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2001.
Muhsim, Sulthan Syahril, and A Rifa’i Abun. “Manajemen Pembinaan Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai–Nilai Spiritualitas (Studi Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Di Kabupatenogan Komering Ilir).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 001 (2023).
Murniatun, Puji, Subaryana, and Jurahman. “K.H. Hasyim Asy’ari Dan Kontribusinya Dalam Memperjuangkan Dan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.” RINONTJE: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah 3, no. 1 (2022): 31–37.
Nasution, Nur Atikah Ibnu Asrul, and Siti Masyithoh. “Integrasi Akhlak Dalam Dimensi Spiritual, Teologis, Syariat, Pendidikan, Dan Filosofis.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024): 120–33.
Rafik, and Kaharuddin. “Metodologi Pendidikan Hasyim Asy’Ari (Nahdatul Ulama).” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 7, no. 1 (2023): 42–59. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1204.
Rifki, Muhamad. “Pondok Pesantren Sebagai Agen Pembentukan Karakter Moderat Santri: Penelitian Di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2024.
Rozi, Fahrul. “Pengaruh Tawasul Terhadap Ketenangan Jiwa: Studi Kasus Pada Himpunan Keluarga Mahasiswa Daarul Mughni Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2024.
Sabrifha, Eli, M Fahli Zatrahadi, and Istiqomah. “Penerapan Prinsip Manajemen Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam: Menggunakan Tinjauan Scientific Literature Review.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 1 (2023): 170–80.
Wardah, Fathiyah. “Setara Institute: Jumlah Pelajar Yang Intoleran Aktif Meningkat, 83% Nilai Pancasila Bisa Diganti,” 2023. https://www.voaindonesia.com/a/setara-institute-jumlah-pelajar-yang-intoleran-aktif-meningkat-56-setuju-syariat-islam/7097499.html.
Wulandari, Citra Eka. “Integrasi Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Dalam Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Tinjauan Literatur: Model Integrasi Pembangunan Berkelanjutan Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Dan Tantangan Dan Peluang Dalam Implementasi Integrasi Pembangunan Berkelanjutan.” TarbiyahMU 4, no. 2 (2024): 22–29.
Zamhariroh, Nazila Mumtaza, Annisa Rahmania Azis, Balqisa Ratu Nata, Muhammad Fahmi, and Mohamad Salik. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Tentang Keseimbangan Intelektual Dan Spiritual.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 12, no. 2 (2024): 169–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Fibrianti Dwi Nur Laily, Imam Sopingi, Athi’ Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.