Implementasi Pembelajaran Motif Minangkabau pada Karya Batik Siswa Jurusan Tekstil SMKN 8 Padang

Authors

  • Dinda Janeska Institut Seni Indonesia, Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Nefri Andra Saputra Institut Seni Indonesia, Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Asmidar Institut Seni Indonesia, Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.137

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran , Motif Batik, Minangkabau

Abstract

Penelitian yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Motif Minangkabau pada Karya Batik Siswa SMKN 8 Padang”merupakan penelitian yang bertujuan untuk meneliti bagaimana mengimplementasikan pembelajaran motif-motif Minangkabau pada karya batik siswa, serta bagaimana bentuk karya-karya hasil pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran motif-motif Minangkabau yang diaplikasikan pada produk-produk batik yang dihasilkan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut menghasilkan beberapa produk batik yang menggunakan motif Minangkabau yang mencerminkan budaya lokal dalam karya seni batik. Motif yang dihasilkan adalah motif rumah gadang, motif kaluak paku, motif siriah gadang, jam gadang. Implementasi pembelajaran motif-motif tersebut membuktikan adanya kreativitas siswa siswa SMK 8 Padang dalam menciptakan motif-motif tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dedi, Deden S., Sejarah Batik Indonesia, Jakarta: Penerbit Sarana Panca Karya Nusa, 2009.

Djumena, Nian S. Batik Dan Mitra (Batik And Its Kind). Jakarta: Djambatan, 1990.

Lisbijanto, Batik,Yogyakarta: Histukultura, 2019.

Musman, Asti & Ambar B. Arini, Batik: Warisan Adiluhung Nusantara, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2011.

Rahmawati, Y. & Muchlian, Z. “Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat”. Jurnal Analisa, 5(2), 2019, 124-136. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index, https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Rianingrum, Cama Juli, et al, “Pelatihan Batik Kreatif Teknik Transfer Warna Sebagai Elemen Penunjang Interior Bagi Siswa SMA”. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non formal 8 (2), Mei, 2022, 1357-1366. DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1357-1366.2022

Sartika, N., Sukandi, I. M., & Aruman, “Perancangan Motif Batik Rumah Gadang Dalam Busana Kasual”. Journal of Fashion Design, 1(1), 2021, 36-51. DOI:10.26887/style.v1i1.2110

Soetarman, Mahudi, Mengenal Batik Tulis dan Cap Tradisional, Surakarta: Widya Duta Grafika, 2008.

Wulandari, Ari, Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan & Industri Batik, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2011.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Janeska, D. ., Saputra, N. A. ., & Asmidar. (2025). Implementasi Pembelajaran Motif Minangkabau pada Karya Batik Siswa Jurusan Tekstil SMKN 8 Padang. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 40–53. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.137