Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140Keywords:
Pembelajaran Sejarah, Deep Learning, Gen ZAbstract
Saat ini siswa sekolah sebagian besar tediri dari Anak-anak Gen Z yang tumbuh di era digital. Gen Z memiliki karakteristik unik seperti kecepatan adaptasi terhadap teknologi, ketergantungan pada media digital, dan preferensi terhadap pembelajaran yang interaktif. Kebijakan Pemerintah menerapkan pembelajaran mendalam (Deep Learning) untuk memberikan pengalaman belajar dan penciptaan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman peserta didik yang menstimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mengaplikasi pengetahuannya dalam berbagai konteks dunia nyata. Tulisan ini berupaya menjawab bagaimana upaya untuk mengintegrasikan pembelajaran sejarah dengan deep learning berbasis digital untuk Gen Z. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, dan dokumen resmi.Waktu dan tempat fleksibel sesuai kebutuhan penelititeknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran, pembacaan, pencatatan, dan pengorganisasian literatur yang relevan, sedangkan teknik analisis data mencakup analisis isi, analisis kritis, dan sintesis informasi. Selama ini sejarah dianggap kurang relevan dengan kebutuhan praktis masa depan, padahal pelajaran ini sangat penting dalam pembentukan karakter dan identitas bangsa. Guru sejarah perlu melakukan inovasi agar meningkatkan minat dan motivasi siswa dengan Pembelajaran Mendalam (deep Learning) dalam konteks pendidikan abad 21 yang menekankan pada penciptaan suasana dan proses pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan yang sejalan dengan karakteristik Gen Z. Integrasi deep learning dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi dan metode pendekatan yang sesuai dengan teknologi informasi menjadikan materi sejarah lebih kontekstual dan hidup pada masa kini. Keberadaan guru sejarah sebagai fasilitator transformasi digital sejalan dengan peran guru sebagai aktivator, pembangun budaya, dan kolaborator sekaligus membangun pengetahuan dan keterampilan digital. Penerapan deep learning dengan digitalisasi dapat terhambatan oleh keterbatasan teknis, pedagogis dan kultural. Saran untuk mengatasi hal tersebut dapat diatasi dengan adanya ekosistem pembelajaran yang mendukung.
Downloads
References
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813
Amelia, K. N., Herliana, D. P., Agustin, F. A., & Pgri, S. (2025). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan ; Optimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Generasi Z. 1, 82–95.
Bafadal, R., & Rosyid, F. (2024). Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188
El David., Waruwu, R., & Setiawati, E. (2025). Integrasi Kurikulum Deep Learning Dalam Pendidikan : Strategi Dan Tantangan. Jurnal Sosialita.20(1), 69–80
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi). Literasi Nusantara Abadi
Ilham Lif Saputra, Epi Tanpidiah, Umus Samiroh, Tubagus Umar Syarif, & Hadi Wibowo. (2010). Trasnformasi Pembelajaran Sejarah di Tengah Perkembangan Teknologi. 1–5. https://journal.kinghistoria.com/index.php/kjsi/article/view/23
Khalisatun Husna, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M. Yasir Ardiansyah, & Inom Nasution. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694
Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, & Ade Suryanda. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan
Melaningrum (2019). Pembelajaran Sejarah Kontekstual, Kreatif, Menyenangkan Di Kelas Dengan “ Power Director” Bagi Generasi Z. JPSI.Vol 2.No.1. Tahun 2019.Halaman 71. https://core.ac.uk/download/pdf/288293833.pdf
Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533–540. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. 2(2), 69–77.
Putri, V. D. S., Hartono, Y., & ... (2024). Dampak Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran Sejarah di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Seminar Nasional …, 3(3), 704–708. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5993%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/5993/4838
Rizqina, N. (2023). Peran Guru Dan Siswa Dalam Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/w59zm
Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Sidik, H., & Suswandari, S. (2022). Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Generasi Z: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 42 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 59–79. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/26181
Supriadi, D., & Bogor, K. (2025). Inovasi Pembelajaran Pai Di Era Digital : Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Gen-Z. 4, 319–334.
Suyanto., & Tim Penyusun. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu.Pusat kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menegah Republik Indonesia. hal 15.
Ulil Amri Mustagfirin & Badrus Zaman. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. 5(1), 75–85. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/476/399
Wijaya, M. (2025). Kurikulum Deep Learning di Indonesia ; Sebuah Harapan. 1(1), 10–15.
Wirakusunah, G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sejarah Pahlawan Indonesia Menggunakan Deep Fake Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2), 1217–1223. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ira Fatmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.