Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z

Authors

  • Ira Fatmawati MAN 1 KOTA KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Deep Learning, Gen Z

Abstract

Saat ini siswa sekolah sebagian besar tediri dari Anak-anak Gen Z yang tumbuh di era digital. Gen Z memiliki karakteristik unik seperti kecepatan adaptasi terhadap teknologi, ketergantungan pada media digital, dan preferensi terhadap pembelajaran yang interaktif. Kebijakan Pemerintah menerapkan pembelajaran mendalam (Deep Learning) untuk memberikan pengalaman belajar dan penciptaan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman peserta didik yang menstimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mengaplikasi pengetahuannya dalam berbagai konteks dunia nyata. Tulisan ini berupaya menjawab bagaimana upaya untuk mengintegrasikan pembelajaran sejarah dengan deep learning berbasis digital untuk Gen Z. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, dan dokumen resmi.Waktu dan tempat fleksibel sesuai kebutuhan penelititeknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran, pembacaan, pencatatan, dan pengorganisasian literatur yang relevan, sedangkan teknik analisis data mencakup analisis isi, analisis kritis, dan sintesis informasi. Selama ini sejarah dianggap kurang  relevan dengan kebutuhan praktis masa depan, padahal pelajaran ini sangat penting dalam pembentukan karakter dan identitas bangsa. Guru sejarah perlu melakukan inovasi agar meningkatkan minat dan motivasi siswa dengan Pembelajaran Mendalam (deep Learning) dalam konteks pendidikan abad 21 yang menekankan pada penciptaan suasana dan proses pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan yang sejalan dengan karakteristik Gen Z. Integrasi deep learning dalam pembelajaran sejarah menggunakan strategi dan metode pendekatan yang sesuai dengan teknologi informasi menjadikan  materi sejarah lebih kontekstual dan hidup pada masa kini. Keberadaan guru sejarah sebagai fasilitator transformasi digital sejalan dengan peran guru sebagai aktivator, pembangun budaya, dan kolaborator sekaligus membangun pengetahuan dan keterampilan digital. Penerapan deep learning dengan digitalisasi dapat terhambatan oleh keterbatasan teknis, pedagogis dan kultural. Saran untuk mengatasi hal tersebut dapat diatasi dengan adanya ekosistem pembelajaran yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813

Amelia, K. N., Herliana, D. P., Agustin, F. A., & Pgri, S. (2025). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan ; Optimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Generasi Z. 1, 82–95.

Bafadal, R., & Rosyid, F. (2024). Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188

El David., Waruwu, R., & Setiawati, E. (2025). Integrasi Kurikulum Deep Learning Dalam Pendidikan : Strategi Dan Tantangan. Jurnal Sosialita.20(1), 69–80

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian (Edisi Revisi). Literasi Nusantara Abadi

Ilham Lif Saputra, Epi Tanpidiah, Umus Samiroh, Tubagus Umar Syarif, & Hadi Wibowo. (2010). Trasnformasi Pembelajaran Sejarah di Tengah Perkembangan Teknologi. 1–5. https://journal.kinghistoria.com/index.php/kjsi/article/view/23

Khalisatun Husna, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M. Yasir Ardiansyah, & Inom Nasution. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154–167. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.694

Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, & Ade Suryanda. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan

Melaningrum (2019). Pembelajaran Sejarah Kontekstual, Kreatif, Menyenangkan Di Kelas Dengan “ Power Director” Bagi Generasi Z. JPSI.Vol 2.No.1. Tahun 2019.Halaman 71. https://core.ac.uk/download/pdf/288293833.pdf

Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533–540. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523

Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. 2(2), 69–77.

Putri, V. D. S., Hartono, Y., & ... (2024). Dampak Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran Sejarah di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Seminar Nasional …, 3(3), 704–708. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5993%0Ahttps://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/5993/4838

Rizqina, N. (2023). Peran Guru Dan Siswa Dalam Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/w59zm

Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812

Sidik, H., & Suswandari, S. (2022). Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Generasi Z: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 42 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 59–79. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/26181

Supriadi, D., & Bogor, K. (2025). Inovasi Pembelajaran Pai Di Era Digital : Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Gen-Z. 4, 319–334.

Suyanto., & Tim Penyusun. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu.Pusat kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menegah Republik Indonesia. hal 15.

Ulil Amri Mustagfirin & Badrus Zaman. (2025). Tinjauan Pendekatan Pembelajaran Mendalam Kemdikdasmen Perspektif Pendidikan Islam. 5(1), 75–85. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/476/399

Wijaya, M. (2025). Kurikulum Deep Learning di Indonesia ; Sebuah Harapan. 1(1), 10–15.

Wirakusunah, G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sejarah Pahlawan Indonesia Menggunakan Deep Fake Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2), 1217–1223. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4171

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Fatmawati, I. . (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140