Strategi Sekolah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.141

Keywords:

Strategi Sekolah, Pengembangan Sekolah, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan RA Baitur Rohim sehingga berhasil menghasilkan prestasi. Pada era modern ini telah banyak lembaga pendidikan baru yang muncul dan menawarkan layanan pendidikan yang terbaik. Lembaga pendidikan telah banyak melakukan inovasi pendidikan dengan memanfaatkan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah dan perkembangan teknologi tidak terkecuali lembaga pendidikan anak usia dini. RA Baitur Rohim merupakan lembaga baru pada tingkat pendidikan anak usia dini yang telah berkembang menjadi lembaga pendidikan berkualitas dan diminati masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya ialah kepala sekolah RA Baitur Rohim, guru, orang tua dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian yang diperoleh ialah strategi kepala RA Baitur Rohim dalam membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan ialah melalui Kerjasama denga berbagai pihak, memenuhi dan melengkapi fasilitas yang diperlukan, meningkatkan kualitas SDM, mendesain kurikulum dan metode pembelajaran. Hasil dari strategi yang diterapkan kepala sekolah berimplikasi positif dengan meningkatnya jumlah peserta didik dari tahun ke tahun, menghasilkan prestasi belajar dalam ajang perlombaan, perkembangan karakter anak usia dini yang baik sesuai ajaran agama dan norma masyarakat, serta menjadi tujuan utama masyarakat sekitar dalam menyekolahkan anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AR, Murniati, and Cut Zahri Harun. n.d. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.”

Asiyah, Siti. 2021. “Strategi Kepala Sekolah PAUD dalam Membangun Citra Sekolah Menuju Sekolah PAUD Unggul pada Masa Pandemi Covid-19.” Syntax Idea 3(10):2223. doi: 10.36418/syntax-idea.v3i10.1508.

Aulia, Rizki Izefti. 2021. “Pengaruh Manajemen Strategi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(4):1578–86. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.626.

Aziz, Abdul, Isfaroh Isfaroh, Novi Kurnia Sari, and Yulianto Yulianto. 2021. “Manajemen Strategi Pembelajaran Lembaga Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):213–32. doi: 10.24042/ajipaud.v4i2.9627.

Azizah, Arrachmil, Ahmad Yusuf Sobri, and Imron Arifin. n.d. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.”

Banun, Sri, and Nasir Usman. 2016. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4(1).

Dwinugraha, Akbar Pandu. 2021. “Strategi pengembangan lembaga pendidikan taman kanak-kanak.” Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik 6(1):63–72. doi: 10.26905/pjiap.v6i1.5632.

Gunadi, R. Andi Ahmad. 2013. “Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Raudhatul Athfal (R.A) Habibillah.” Jurnal Ilmiah WIDYA 1(2):85–91.

Hadiansyah, Andri, Fidesrinur Fidesrinur, and Masni Erika Firmiana. 2017. “Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendirian Lembaga PAUD.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 3(1):55. doi: 10.36722/sh.v3i1.197.

Harun, Abdurrahman, Septiana Tanti Nurlisa, and Ulfah Nabilla Maghfi. 2021. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kualitas Tenaga Pendidik di RA.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):187–97. doi: 10.24042/ajipaud.v4i2.10282.

Hayati, Miratul. 2022. “Project Based Learning at Home: Kolaborasi Guru - Orangtua untuk Pembelajaran Anak pada Masa New Normal.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 8(1):29. doi: 10.24235/awlady.v8i1.9566.

Hayudiyani, Meila, Bagus Rachmad Saputra, Maulana Amirul Adha, and Nova Syafira Ariyanti. 2020. “Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(1):89–95. doi: 10.21831/jamp.v8i1.30131.

Kurniati, Rya, and Siti Zubaedah. 2018. “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di RA Insan Mulia Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3(4):259–68. doi: 10.14421/jga.2018.34-04.

Kurniawati, Emilia, Yasir Arafat, and Yenny Puspita. 2020. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah.” Journal of Education Research 1(2):134–37. doi: 10.37985/joe.v1i2.12.

Lestari, Lesi Sri, and Mira Mayasarokh. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan.” Jurnal Golden Age 04(2):343–50.

Librianty, Nany. 2019. “Studi Tentang Peran Kepemimpinan Kepala PAUD.” Aulad : Journal on Early Childhood 2(1):8–16. doi: 10.31004/aulad.v2i1.11.

Made Sukadewi, Ida Ayu. 2020. “Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Cakranegara Mataram.” Widya Sandhi: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya 11(2):128–36. doi: 10.53977/ws.v11i2.191.

Malaikosa, Yes Matheos Lasarus. 2021. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5(1):1. doi: 10.24252/idaarah.v5i1.20270.

Masruri, Ahmad. 2019. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAS Jam’iyyah Islamiyyah Pondok Aren).” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 3(1):96–112. doi: 10.36671/mumtaz.v3i1.35.

Purwanto, Nurtanio Agus. 2011. “Strategi Bersaing Dalam Bisnis Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 07(01).

Rindaningsih, Ida. 2012. “BERBASIS (Beyond Center and Circle Time) BCCT.” PEDAGOGIA 1(2):213–23.

Robiyono, Yasir Arafat, and Andi Arif Setiawan. 2021. “Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):582–93.

Rosidah, Diana, and Sri Widayati. 2021. “Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Paud Selama Masa New Normal Covid-19.” JURNAL CARE 9(1):10–20.

Saifulloh, Moh, Zainul Muhibbin, and Hermanto Hermanto. 2012. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Sosial Humaniora 5(2). doi: 10.12962/j24433527.v5i2.619.

Siska, Juana, Mardiana Mardiana, and Kartini Kartini. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Paud Mutiara Hati Desa Kelakik Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.” Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):33–38. doi: 10.46368/mkjpaud.v2i1.736.

Sudrajat, Cucu Jajat, Mubiar Agustin, Leli Kurniawati, and Dede Karsa. 2020. “Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):508. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.582.

Sugiono, Tahun. 2008. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” Alfa Beta, Bandung.

Supriadi, Oding. 2020. “Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):841–56. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.727.

Suryadi, Annisa Destiana. 2021. “Analisis Kerjasama Orangtua Dengan Guru Paud Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online.” Jurnal Jendela Bunda 9(1):1–9.

Susanti, Siti Misra. 2018. “Manajemen Pengelolaan Lingkungan Belajar Paud Berbasis Masyarakat.” JURNAL TUMBUHKEMBANG 5(1):1–10.

Tardian, Agus. 2019. “Manajemen Strategik Mutu Sekolah.” Jurnal Kependidikan 7(2):192–203. doi: 10.24090/jk.v7i2.2989.

Wibawani, Dian Tri, Bambang Budi Wiyono, and Djum Djum Noor Benty. 2019. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 2(4):181–87. doi: 10.17977/um027v2i42019p181.

Wiyani, Novan Ardy. 2018. “Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):53–74. doi: 10.14421/manageria.2016.11-04.

Wiyani, Novan Ardy. 2019. “Strategi Kemitraan Penyelenggaraan Parenting Bagi Orang Tua di Lembaga PAUD Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan 19(2):143. doi: 10.21580/dms.2019.192.4354.

Wiyono, Hadi. 2012. “Pendidikan Karakter Dalam Bingkai Pembelajaran Di Sekolah.” (2).

Zamzami, Arvin Krisna. 2022. “Strategi Kepala Raudhatul Athfal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Golden Age 6(01):333–42.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Ridwanulloh, M. U., & Kusuma, D. A. . (2025). Strategi Sekolah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini . Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 98–115. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.141