Implementasi Teori Motivasi Kepala Sekolah Sebagai Supervisi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri

Authors

  • Harry Wiyanto Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.2

Keywords:

Teori Motivasi, Kepala Sekolah sebagai supervisi, Mutu Pendidikan

Abstract

Pemimpin dapat mempengaruhi moral, kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan kerja, dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Kemampuan dan ketrampilan kepemimpinan serta motivasi dalam pengarahan adalah faktor penting efektivitas manajer. Bila organisasi dapat mengidentifikasikan kualitas yang berhubungan dengan kepemimpinan, maka organisasi tersebut dapa berkembang dengan baik. Fungsi kepala sekolah sebagai supervisor mencakup kegiatan yang bersangkutan dengan pembangkitan semangat dan kerjasama guru, pemenuhan alat-alat dan perlengkapan sekolah demi kelancaran pengajaran, pembangunan, dan pembinaan pengetahuan serta ketrampilan guru dan kerjasama antara sekolah dan masyarakat, yang semuanya ditunjukkan untuk mempertinggi mutu pendidikan Motivasi adalah perpaduan antara keinginan dan energi untuk mencapai tujuan tertentu. Memengaruhi motivasi seseorang berarti membuat orang tersebut melakukan apa yang kita inginkan. Karena fungsi utama dari Kepala Sekolah adalah untuk memimpin, maka kemampuan untuk memengaruhi orang adalah hal yang penting. Kekuatan terbesar seorang Kepala Sekolah bukan dari kekuasaannya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Kepala Sekolah sejati sealalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain. Kepala Sekolah tidak hanya sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri sesorang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Wiyanto, H. (2021). Implementasi Teori Motivasi Kepala Sekolah Sebagai Supervisi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.2