Penggunaan Metode Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas XI IPS 1 MAN I Kota Kediri

Authors

  • Mabruri Mabruri MAN 1 Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.20

Keywords:

Inquiry terbimbing, peningkatan hasil belajar bahasa Arab

Abstract

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan mata pelajaran bahasa Arab diperlukan adanya penelitian Penilaian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian ini menawarkan pendekatan dalam prosedur baru yang memiliki dampak langsung dalam bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Dengan mengkaji berbagai indikator keberhasilan dan kesulitan dalam proses pembelajaran pada guru dan hasil belajar yang terjadi pada siswa dengan menggunakan metode inquiry terbimbing pada siswa kelas XI IPS 1 MAN I Kota Kediri didapatkan bahwa: pertama, terjadi peningkatan rata-rata kadar keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab; kedua, meningkatnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang relevan dengan meningkatnya hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil perolehan ketika pembelajaran sebelum menggunakan metode inquiry dengan nilai rata-rata siswa 63 menjadi 79,7 pada siklus I dan 84 pada siklus II; ketiga, pembelajaran dengan model inquiry terbimbing, memiliki kemampuan  yang  tinggi  untuk  mengikuti  Pelajaran  Bahasa Arab dalam tarkib jumlah fi’liyah dengan r hitung 0,74 dengan r tabel 5% dari jumlah responden 25 peserta didik ds= 25-2=23, r tabel 0,413. r hitung 0,74 > r tabel 0,4 validitas ini terhitung  tinggi, sebab setiap kenaikan x (indikator metode inquiry) selalu diikuti y (motivasi peserta didik). Hal ini disebabkan oleh suasana pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry terbimbing. Dengan metode ini siswa yang biasanya tidak ingin terlibat pembelajaran akan ikut serta dalam pembelajaran aktif serta membudayakan sifat berani bertanya, tidak minder, dan tidak takut salah dalam mengemukakan pendapat, memberikan kemudahan kepada siswa dalam perubahan tingkah laku, sikap, dan minat siswa. Alhasil, siswa diberikan kesempatan menjadi guru sebaya bagi teman-temannya supaya mendapat proses pembelajaran yang lebih berkesan dan tidak mudah terlupakan.

Kata Kunci: Inquiry terbimbing, peningkatan hasil belajar bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Mabruri, M. (2022). Penggunaan Metode Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas XI IPS 1 MAN I Kota Kediri. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.20