Penerapan Metode Group Investigation dalam Meningkatkan Maharoh Kalam
(Penelitian Eksperimen Pada Santri Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.62825/revorma.v2i2.31Keywords:
Metode Group Investigation, Kemampuan Berbicara, Penelitian Eksperimen, Pondok PesantrenAbstract
Pembelajaran bahasa Arab pada pondok pesantren di Indonesia terfokus menjadi dua kemampuan yaitu kemampuan membaca (qiroah) dan berbicara (kalam). Peneliti ingin mengajarkan kepada santri di pondok pesantren yang pembelajaran bahasa Arabnya fokus terhadap kemampuan membaca (qiroah) untuk bisa juga dalam berbicara menggunakan bahasa Arab (kalam). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampaun berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran kalam dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode Group Investigation di Pondok Pesantren Minhajut Tamyiz, Timoho. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 12 orang untuk kelompok ekperimen dan 12 orang untuk kelompok kontrol.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji “t” nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima). Selain itu nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen menunjukkan peningkatan menjadi 83. Peningkatan nilai rata rata posttest kelas eksperimen mencapai 29,5 point, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan posttest sebesar 3 point. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metod Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Miftahun Ni'am

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.